Kedalaman Sumur Bor yang Baik

Berapakah kedalaman sumur bor yang baik? Apakah semakin dalam semakin bagus? Perlu diketahui menargetkan kedalaman sumur bor tidak menjamin mendapatkan air yang bersih dan besar. Banyak orang beranggapan semakin dalam sumur bor semakin bagus kualitas air yang didapat. Itu adalah anggapan salah, malahan pengeboran terlalu dalam justru bisa membuat kehilangan sumber air karena sudah menembus lapisan tanah yang kosong sehingga aliran air justru terhisap kedalam. Terkadang diluar dugaan mendapat air bersih dan besar yang kedalamannya lebih dangkal dari perkiraan. Pada situasi ini, lebih baik di stop pengeborannya karena jika ditambah lagi kedalamannya seperti penjelasan diatas beresiko kehilangan sumber air karena ketemu lapisan tanah yang kosong.

Perbedaan geografis menyebabkan perbedaan kedalaman disetiap daerah

Membuat sumur bor sebagai sumber air bersih yang baik tidak dapat di ukur dengan ketentuan kedalaman berapa yang harus dicapai. Perbedaan geografis menyebabkan perbedaan kedalaman disetiap daerah. Pada dataran rendah, kedalaman 6 meter sampai 10 meter atau lapisan lumpur sudah terdapat sumber air namun kualitasnya belum bagus karena banyaknya air resapan dari tanah sekitar, pada kedalaman ini air masih keruh dan berbau akibat pengaruh limbah pemukiman warga. Ini mempengaruhi jumlah pipa casing yang akan dipasang karena pipa casing harus lebih dalam dari lapisan tanah dengan kadar resapan tinggi untuk mencegah air yang tercemar bercampur dengan air bersih yang didapat pada lapisan bebatuan. Biasanya pada dataran rendah, kedalaman 25 meter baru mulai ketemu lapisan tanah berpasir, pada lapisan ini kualitas air sudah mulai baik namun air terbaik terdapat pada lapisan batu cadas. Pada lapisan ini air sangat jernih dan tidak berbau.  Kita akan mengabaikan sumber air yang berada pada permukaan atas dan mengejar sampai mendapat sumber air tanah lapisan bawah karena secara teknis air tanah lapisan bawah akan memiliki kualitas lebih baik sebab sudah jauh dari resiko pencemaran lingkungan.

Dataran Tinggi

Pada dataran tinggi, kualitas air lebih baik dibandingkan dengan di dataran rendah. Pada dataran tinggi lebih sulit melakukan pengeboran karena kondisi geografis tanah yang lebih keras dan berbatu sehingga memakan lebih banyak waktu dan biaya.

Yang lebih bagus dalam menentukan kedalaman sumur bor adalah dengan melihat letak dan kondisi geografis tempat pengeboran. Kita bisa membandingkan kedalaman sumur bor dengan membandingkan sumur bor disekitarnya, tetapi tidak bisa memastikan kedalamannya akan sama apalagi memakai tolak ukur sumur bor yang berada di dataran yang berbeda, untuk itu sebelum membuat sumur bor ada baiknya kita tanyakan dulu kepada penyedia layanan jasa sumur bor mengenai kemungkinan kedalaman sumur bor sampai mendapatkan air yang bersih, tidak berbau, dan volumenya besar.

Untuk informasi sumur bor silahkan menghubungi Tlp. 082147329434 atau melalui Wa. 082147329434

Leave a Reply