Memilih CCTV yang Tepat

CCTV adalah satpam digital masa kini. Memilih CCTV yang tepat sangat dianjurkan karena fungsinya tidak sekedar show bahwa kita memiliki sistem keamanan yang lebih canggih, tetapi lebih kepada efektifitas alat tersebut membantu memantau tempat tinggal kita.

Harga yang murah tidak bisa dijadikan patokan, pun sebaliknya harga yang mahal apabila kualitas CCTV yang didapat tidak memadai. Tetapi perlu diperhatikan bahwa harga yang murah sangat mungkin ada pengurangan kualitas untuk menekan bajet pembeli. Kamera CCTV sangat mengandalkan kualitas gambar, tidak cukup hanya sekedar terlihat terang, karena yang dipantau adalah sesuatu yang bergerak dengan kecepatan bervariasi.

CCTV Untuk Memantau Benda yang Bergerak

Untuk memantau benda yang bergerak, kamera CCTV harus support terhadap benda bergerak dengan kecepatan tertentu. Kamera CCTV standar terlihat mampu menangkap gambar dengan cukup baik, tetapi belum tentu bisa menangkap dengan jelas benda yang bergerak. Ini yang membedakan antara kamera CCTV dengan harga lebih mahal dibandingkan harga CCTV yang murah. Kamera CCTV yang memiliki fitur lebih baik dan lebih canggih sudah pasti harganya lebih mahal, namun untuk detail video yang bisa ditangkap dan direkam akan lebih baik pula. Kemungkinan identifikasi benda yang bergerak akan jauh lebih besar dan lebih detail.

Apa yang Terjadi Jika Kamera CCTV Kurang Memadai?

Banyak yang belum mengetahui apa yang terjadi jika kamera CCTV kurang memadai karena pada umumnya penjual hanya memberikan contoh tampilan rekaman CCTV berupa video objek diam, ditambah lagi ditempat yang dipasangin kamera CCTV pencahayaannya bagus, sudah pasti video yang dihasilkan relatif bagus. Bagaimana kalau tempat yang dipasangi kamera CCTV pencahayaannya kurang bagus serta objek yang direkam berupa orang atau benda bergerak? Untuk kamera CCTV yang resolusinya masih kecil akan kesulitan merekam dengan jelas kondisi minus tersebut. Jika pencahayaan kurang, rekaman akan cenderung gelap dan noise (pecah) karena sensitivitas sensor kamera atau sering disebut ISO yang terlalu besar. Dan bila objek yang direkam berupa objek bergerak, rekaman yang dihasilkan akan cenderung blur karena shutter speed kamera yang lebih rendah. Shutter speed kamera yang rendah memungkinkan kamera menangkap banyak cahaya sehingga gambar yang dihasilkan lebih terang namun sangat peka terhadap objek yang bergerak, karena shutter speed yang rendah akan mengakibatkan objek bergerak yang direkam tersebut menjadi blur. Artinya jika ada orang atau benda yang bergerak hasil rekaman akan tetap terang tetapi menjadi blur atau buram. Inilah alasan kenapa ada kamera dengan harga relatif mahal, istilahnya ada kualitas ada harga.

Jenis Kamera CCTV yang Baik

Ada berbagai merk yang menawarkan produk dengan keunggulan masing-masing. Jika kita mau membeli produk CCTV, hal-hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pilihlah merk yang sudah terkenal dan memilki garansi resmi.
  2. Tanyakan keunggulan produk tersebut dan perbedaan fiturnya dengan produk yang lain.
  3. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, sebab ini menyangkut keamanan, rekaman CCTV adalah alat bukti yang sangat akurat jika dikelola dengan baik sesuai dengan kualitas, kemampuan dan fungsinya.
  4. Perhatika juga perangkat pendukung lainnya seperti DVR, HDD, kabel dan lainnya.

Setiap penjual memiliki cara untuk meyakinkan customer, yang paling beresiko adalah memberikan harga yang murah dengan mengurangi kualitas produk hanya untuk menarik minat pembeli. Setelah membaca uraian diatas semoga Anda bisa lebih berhati-hati memilih produk CCTV.

Untuk informasi pembelian produk CCTV silahkan menghubungi kami di:

Bali Satrya Technic

Tlp. 082147329434

Wa. 082147329434

Leave a Reply